in

5 Alasan Penting Menjaga Hubungan Baik Dengan Dosen

5 Alasan Penting Menjaga Hubungan Baik Dengan Dosen | www.scribendi.com

Merupakan salah satu hal terpenting bagi mahasiswa adalah menjalin dan menjaga hubungan baik dengan dosen, entah itu dosen pembimbing atau dosen lainnya di kampus. Karena hubungan terjalin dengan baik, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan. Bukan hanya pada saat kuliah, tapi manfaat tersebut bahkan masih bisa kita rasakan selepas lulus kuliah. Berikut penjelasannya.

1. Sebagai motivasi

Sebagai dosen pasti memiliki banyak prestasi yang mengagumkan. Untuk mencapai titik tersebut, sebelumnya dosen kita pasti telah berjuang keras selama bertahun-tahun. Kita bisa belajar dari pengalaman inspiratif mereka bahwa menggapai mimpi butuh proses dan usaha yang tidak main-main. Bukan gak mungkin, kita pun akan termotivasi menggapai prestasi seperti dosen.

2. Mempermudah untuk diskusi

Saat kita memiliki hubungan baik dengan dosen, tentunya kita gak akan sungkan untuk mengajaknya berdiskusi atau bertanya mengenai mata kuliah. Selain itu, kita juga bisa berdiskusi berbagai hal lainnya, seperti meminta pendapat terkait inovasi untuk kompetisi ilmiah, ide penelitian terbaru, dan masih banyak lagi, proses diskusi pun berjalan lebih nyaman.

3. Membuka peluang mendapatkan beasiswa luar negeri

Jika kamu hendak melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi beasiswa ke luar negeri, kita perlu menjaga komunikasi yang baik dengan dosen. Pada umumnya akan diminta surat rekomendasi tersebut, dosen kita akan menuliskan berbagai hal, seperti kepribadian, capaian prestasi akademis, potensi kepemimpinan, dan lain sebagainya.

Semakin positif hal yang ditulis oleh dosen dalam surat rekomendasi, tentu akan membuat aplikasi beasiswa semakin menarik di mata penyeleksi baesiswa.

4. Membuka peluang karier

Saat memiliki relasi dengan dosen, peluang karier kita bisa terbuka lebar, kita bis berkesempatan ikut berbagai proyek penelitian. Gak jarang, dosen atau profesor membutuhkan asisten untuk membantu penelitian mereka.

Mungkin terjadi, dosen kita bisa saja sudah punya koneksi ke berbagai perusahaan besar, kalau memang kompeten di mata dosen tersebut, kita bisa meminta surat rekomendasi darinya untuk melamar kerja atau mendaftar magang ke perusahaan besar itu.

5. Melatih kemampuan komunikasi

Saat sudah terbiasa berinteraksi dengan dosen, secara ga sadar ini bisa melatih soft skill kita dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. kemampuan ini tentu akan sangat bermanfaat untukmu, baik di dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by petktcom

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Cara Ampuh Menabung Untuk Membeli PS5, Keluaran Terbaru!

5 Cara Ampuh Menabung Untuk Membeli PS5, Keluaran Terbaru!

5 Kesalahan Dalam Parenting Dengan Efek Jangka Panjang

5 Kesalahan Dalam Parenting Dengan Efek Jangka Panjang