in

5 Bahaya Selfie Jarang Diktahui Menyerang Psikologis

5 Bahaya Selfie Jarang Diktahui Menyerang Psikologis | mobile.abc.net

Pada zaman yang modern sekarang ini, kegiatan slfie atau swafoto sudah menjadi kegiatan yang umum di masyarakat. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi, orang-orang semakin mudah melakukan kegiatan selfie dan menunjukkan di sosial media. Namun dibalik itu semua, ternyata selfie juga memiliki bahaya psikologis yang harus diwaspadai, berikut penjelasannya.

1. Obsesi dengan sosial media

Sebagian orang yang mengunggah foto selfie di media sosial seringkali merasakan perasaan cemas berlebihan jika jumlah like atau komentar tidak sesuai dengan yang diharapkan . Jika kamu juga mengalami hal ini, artinya kamu sudah terobsesi pada media sosial.

2. Rentan terkena gangguan mental

Gangguan dismorfik tubuh atau body dysmorphic disorder adalah salah satu bentuk gangguan mental yang sangat mungkin dialami oleh orang yang hobi selfie. Gangguan mental ini akan menyebabkan penderitanya terlalu berlebihan dalam memikirkan tampilan mereka. Penderita gangguan ini sering mengeluh mengenai kekurangan atau cacat di wajahnya dan tidak jarang melakukan operasi plastik agar bisa menjadi sempurna.

3. Krisis percaya diri

Krisis percaya diri sangat berkaitan erat dengan poin kedua. Jika seseorang sudah mengalami body dysmorphic disorder, maka ia akan mengalami krisis kepercayaan diri terus menerus memperhatikan kekurangan-kekurangan yang dimilikinya dan membuatnya merasa tidak percaya diri.

4. Narsis

Bahaya psikologis urutan keempat yang mengintai dibalik selfie adalah kepribadian narsis. Dilansir dari Psychology Today, orang yang gemar berphoto selfie umumnya selalu ingin menjadi pusat perhatian dan selalu ingin mendapatkan pujian. Jika kamu selalu berphoto dimanapun dan dalam kondisi apapun maka kamu perlu waspada. Bisa jadi ternyata kamu punya kepribadian narsis.

5. Kecanduan

Selain hanya sekedar mengisi waktu luang, ternyata selfie juga bisa menimbulkan kecanduan. Hal ini ditandai dengan kegiatan selfie yang terus menerus. Jika masih dilanjutkan, maka kecanduan ini bisa berkembang menjadi gangguan mental yang lebih serius.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by petktcom

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

Sadisnya Bukan Main! Bantal Ini Dibuat Dari Bulu Angsa Yang Masih Hidup

Sadisnya Bukan Main! Bantal Ini Dibuat Dari Bulu Angsa Yang Masih Hidup