in

5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung | thereal.com

Perlu diketahui bahwa penyakit jantung tidak diragukan lagi merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Data dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) bahkan menyebutkan bahwa ini merupakan penyebab kematian nomor 1 yang dapat membunuh 17,9 juta orang per tahunnya.

Jangan terlalu paranoid, penyakit jantung ini bisa dicegah dengan menjaga gaya hidup sejak kita menginjak usia 30 hingga 40 tahunan. Berikut berbagai kebiasaan yang merupakan cara mencegah penyakit jantung.

1. Tidak kekurangan tidur, dan aktivitas berlebihan

Pda usia 20 hingga 30 tahunan memang bisa dibilang usia yang sibuk. Kamu harus kuliah, bekerja, atau bahkan ada pula yang sudah berkeluarga. Namun jangan sampai kekurangan tidur. Dilansir dari Sleep Foundation, orang yang tidak mendapatkan tidur dengan cukup memiliki risiko penyakit jantung dan jantung koroner yang tinggi. Ini karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah, dan gula darah.

2. Kelola stres

Saat memasuki usia produktif, pada saat usia 20 hingga 30 tahunan menjadikan faktor fase yang rentan stres. Ada banyak tuntutan yang harus dipenuhi, ada banyak ekspetasi yang diemban. Stres pun sulit dihindari. Hal ini bisa berasal dari finansial, keluarga, pendidikan, pekerjaan, dan lainnya.

Nikmati waktu luang untuk self-care. Hal ini dapat berupa meluangkan waktu untuk me-time, merawat tubuh, melakukan hobi, atau yang lainnya. Lakukan yang membuat kamu nyaman untuk menghilangkan stres dengan cepat.

3. Atur pola makan

Sebuah kesalahan yang dialami pada usia 20 hingga 30 tahunan yang sering dilakukan adalah tidak peduli dengan apa yang dikonsumsi karena merasa sehat-sehat saja. Semua jenis makanan dikonsumsi, mulai dari junk food, makanan dengan gula berlebih, makanan berlemak tinggi, dan lain sebagainya.

Asal konsumsi makanan dapat membahayakan jantung di kemudian hari. Gula darah, kolesterol, obesitas, semuanya adalah faktor risiko penyakit jantung.

4. Hindari rokok dan asap rokok

Dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute mengatakan bahwa kebiasaan merokok akan meningkatkan risiko penyakit jantung iskemik, gagal jantung, atherosclerosis, dan serangan jantung. Hindari pula terpapar asap rokok secara terus menerus. Para perokok pasif memiliki risiko 30 persen untuk terserang penyakit jantung dan kanker paru-paru hanya dengan menghirup asap rokok.

5. Rajin olahraga

Olahraga adalah sebuah media yang sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Kebiasaan olahraga mampu mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya tanpa memandang indeks massa tubuh, usia, atau ras. Jadi biasakan untuk olahraga.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by petktcom

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Tips Ampuh Melawan Kerasnya Hidup, Wajib Kamu Tau!

5 Tips Ampuh Melawan Kerasnya Hidup, Wajib Kamu Tau!

5 Bahaya Selfie Jarang Diktahui Menyerang Psikologis

5 Bahaya Selfie Jarang Diktahui Menyerang Psikologis