in

5 Cara Mencegah Laptop Cepat Panas Menghindari Kejadian Fatal

5 Cara Mencegah Laptop Cepat Panas Menghindari Kejadian Fatal | www.arenalaptop.com

Sebuah kejadian umum pada laptop adalah masalah overheating. Terbilang wajar karena laptop memiliki banyak prosesor, hardware, kartu grafis, dan perangkat lainnya. Pada dasarnya kejadian ini bisa diatasi dengan mudah namun terkadang masalah overheating bisa menyebabkan kegagalan hardware hingga kerusakan yang fatal.

Simak 5 cara mencegah laptop terhindar dari overheating agar tidak menjadi masalah yang fatal.

1. Jangan pangku laptop saat digunakan

Sebuah kebiasaan menggunakan laptop di atas paha adalah salah satu penyebab overheating. Sebab kulit maupun kain akan membatasi aliran udara yang berada di bawah laptop.

Hentikan kebiasaan seperti itu, dan coba gunakan meja pangkuan yang terbuat dari kayu, selain aman buat laptop namun juga aman buat kulit terhindar kontak langsung dengan laptop yang mengaliri komponen listrik

2. Gunakan laptop di permukaan keras

Rata-rata laptop menggunakan menyedot udara sebagai pendingin melalui bagian bawahnya, karena itu penting menggunakannya di permukaan yang keras. Udara bisa lebih mudah untuk masuk sehingga sistem pendingin bisa berjalan dengan lancar.

Kamu bisa menggunakan meja yang terbuat dari logam,kayu, atau plastik, jika memungkinkan gunakan meja khusus untuk laptop yang bagian bawahnya cukup terbuka.

3. Hindari laptop di tempat panas

Hindari pemakaian laptop di tempat panas, dan jauhkan dari paparan sinar matahari. Karena komponen laptop banyak terbuat dari logam yang mudah menghantarkan panas, oleh karena itu akan mudah untuk overheating ketika dipakai di tempat yang memiliki temperatur tinggi.

4. Hindari laptop dengan penggunaan terlalu lama

Sama hal nya dengan handphone, laptop juga bisa sangat panas karena pemakaian laptop yang terlalu lama, misalkan membuka Google Chrome, Adobe Priemer, game berat secara bersamaan, tentu akan membuat laptop bekerja lebih keras dan lebih cepat menghasilkan panas.

Jika laptop mudah panas, hindari pemakaian secara berlebihan untuk terhindar dari overheating, bahkan bisa lebih parah yaitu kinerja laptop menjadi lambat

5. Gunakan pendingin

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan alat pendingin untuk laptop, ada yang berupa tatakan dengan kipas kecil di bagian bawahnya, ada juga mesin pendingin yang bisa ditancap ke ventilasi yang ada dibagian samping. Alat itu terbukti bisa membantu mendinginkan CPU laptop yang bekerja secara lama.

Dari 5 cara tersebut, usahakan agar laptop kamu tetap terhindar dari overheating, karena banyak kerugian jika sering overheating yang mengakibatkan beli baru.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by petktcom

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Hal Penting Sebelum Membeli Laptop Bekas

4 Hal Penting Sebelum Membeli Laptop Bekas

5 Fakta Menarik Dangke, Keju Asli Indonesia

5 Fakta Menarik Dangke, Keju Asli Indonesia