in

5 Kesalahan Dalam Parenting Dengan Efek Jangka Panjang

5 Kesalahan Dalam Parenting Dengan Efek Jangka Panjang | www.indiatvnews.com

Semua orang tua sudah pasti tidak luput dari kesalahan, namun ada penjelasan tentang 5 kesalahan yang cukup fatal yang bisa mempengaruhi masa depannya. Mungkin saat ini akan terlihat sepele, tetapi jika dibiarkan terus-menerus, bisa membentuk karakter anak. Namun, karakter yang terbentuk dari kesalahan parenting bukanlah baik.

Berikut penjelasan kesalahan dalam parenting yang memiliki efek jangka panjang.

1. Mengikuti semua keinginan anak

Ketika sang anak melanggar peraturan, sebagian orang tua cenderung menganggapnya enteng karena itu hanya peraturan kecil. Padahal, kedisiplinan dan mentaati peraturan sangatlah penting. Jika ini dibarkan secara menerus, ia akan jadi anak yang sering melanggar peraturan di sekolah. Ini dikarenakan ia menganggap peraturan bisa berubah seperti yang dilakukan di rumah.

2. Pendekatan yang salah

Dalam dunia film, mungkin sebuah hubungan harmonis orang tua dan buah hatinya terlihat sangat mudah dilakukan. Padahal faktanya, hal ini hampir tidak mungkin bisa dilakukan sepenuhnya. Karena, saat menjadi teman baiknya, orang tua cenderung memberi kelonggaran atas kesalahan-kesalahannya. jika dibiarkan secara menerus akan membuat sang anak bisa seenaknya.

Memiliki hubungan yang erat dengan sang anak itu penting sekali, namun sesuaikan untuk tetap pada porsinya.

3. Tidak memberi ruang untuk anak berbuat kesalahan

Kesalahan fatal sebagai orang tua yang kerap kali dilakukan dan juga tidak disadari adalah selalu menjaga anak dari segala sesuatu yang buruk. Mulai dari melarang bermain di lapangan luas hingga melarang anak ikut kegiatan ekskul karena takut terluka saat kegiatan berlanjut.

Awalnya hal ini terasa biasa saja, namun bisa berpengaruh besar pada pertumbuhan si anak. Mengetahui mereka melakukan kesalahan dan merasakan konsekuensinya penting untuk membentuk cara pikirnya agar lebih berhati-hati dan belajar menyelesaikan masalahnya sendiri.

4. Menyediakan segalanya untuk anak

Siapapun yang menjadi orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya. Namun jika itu berlebihan malah bisa menjadi kesalahan yang memiliki efek jangka panjang. Cara parenting seperti ini juga membuat anak tidak terbiasa dengan perasaan kecewa dan pembelajaran proses bersabar.

5. Memaksa terlalu keras

Ketika berkaitan dengan pendidikan, orang tua selalu meminta nilai terbaik dari si kecil. Bahkan saat mengenai pertemanan di sekolah, orang tua selalu minta si anak berteman dengan banyak orang. Jika pemaksaan ini terus dihadapi sang anak, ia akan tumbuh menjadi orang yang berjarak dengan orang tuanya. Karena ia harus menjadi yang terbaik, sehingga mereka tidak bisa menunjukkan diri seperti apa adanya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by petktcom

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Alasan Penting Menjaga Hubungan Baik Dengan Dosen

5 Alasan Penting Menjaga Hubungan Baik Dengan Dosen

5 Cara Ampuh Tidak Mengantuk Saat Kerja

5 Cara Ampuh Tidak Mengantuk Saat Kerja