in

5 Penyebab Penting Kulit Wajah Bermasalah Meski Lebih Sering Di Rumah

5 Penyebab Penting Kulit Wajah Bermasalah Meski Lebih Sering Di Rumah | www.healthline.com

Banyak orang bertanya-tanya kenapa kulit wajah berminyak, breakout, kusam, dan semakin berjerawat padahal lebih sering di rumah, apalagi di masa pandemi virus corona yang mengharuskan mengkarantina diri sendiri. Mungkin banyak yang berekspetasi kulit akan membaik karena tidak terkena sinar matahari atau debu di jalanan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang mengalami breakout atau masalah kulit lainnya saat stay at home karena kondisi setiap orang pasti berbeda. Tetapi, penjelasan di bawah bisa jadi jawaban atas masalah kulitmu.

1. Konsumsi makanan tinggi gula, garam, kalori, dan minyak

Banyak orang pola makannya berubah saat di rumah saja karena pandemi virus korona mengkarantina diri sendiri. Karena bosan, kita akan mengalami food craving lalu berujung memesan makanan secara online. Pola makanan ini akan berbahaya jika makanan yang dipesan adalah tinggi garam, gula, kalori, dan minyak.

Menurut profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center di New York, Ellen Marmur, MD, partikel minyak dalam makanan bisa menyumbat pori-pori. Sementara, makanan manis membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin, lalu meningkatkan produksi minyak di kulit dan menyumbat folikel.

2. Stres dan banyak pikiran

Sebuah hal yang wajar jika sebagian orang stres akibat overthinking, apalagi soal COVID-19 yang belum menunjukkan titik akhir. Tetapi, jangan biarkan stres mengendalikanmu karena akan menghasilkan reaksi kimia dan mendatangkan malapetaka pada kulit. Misalnya, menyebabkan sensitivitas, peradangan, dan reaktivitas.

3. Sering begadang

Begadang, kurang tidur, stres, dan berkeringat dianggap sebagai pemicu utama jerawat. Menurut Joshua Zeichner, ahli dermatologi asal New York, gangguan siklus tidur bisa meningkatkan kortisol dan menyebabkan peradangan pada kulit. Kelebihan produksi kortisol membuat kelenjar sebaceous menghasilkan minya lebih banyak.

4. Mencuci muka terlalu sering

Mencuci muka terlalu sering bisa memecah mantel asam, lapisan pelindung di kulit yang terdiri dari keringat, minyak, dan bakteri baik. Dari laman Very Well Health menyarankan kita untuk mencuci muka 1-2 kali sehari saja, yakni pada pagi saat bangun dan malam hari sebelum tidur. Jumlah ini sudah cukup untuk membersihkan riasan, kotoran, dan minyak berlebih di wajah.

5. Terlalu lama menatap layar gadget

Siapapun bisa terkena blue light dari layar laptop atau komputer, apalagi jika kita menggunakan dalam kurun waktu yang lama. Di sisi lain, menatap layar dagdet terlalu lama akan membuat kulit menjadi lebih berminyak dan mudah breakout. Emma Hobson, direktur skin education at dermalogica, menyarankan kita untuk melindungi kulit dengan lotion ber-SPF 30-50.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by petktcom

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

6 Peyebab Rambut Sulit Panjang, Bikin Para Cewek Jengkel

6 Peyebab Rambut Sulit Panjang, Bikin Para Cewek Jengkel

5 Cara Ampuh Menghadapi Orang Yang Ingin Menjatuhkanmu

5 Cara Ampuh Menghadapi Orang Yang Ingin Menjatuhkanmu