in

6 Peyebab Rambut Sulit Panjang, Bikin Para Cewek Jengkel

6 Peyebab Rambut Sulit Panjang, Bikin Para Cewek Jengkel | www.sheknows.com

Dilansir dari Style Craze, pertumbuhan pada rambut rata-rata 6 inci atau sekitar 15 sentimeter per tahun. Kalau kamu merasa rambutmu tumbuh lambat. 6 alasan di bawah ini mungkin bisa menjelaskan mengapa siklus pertumbuhan rambutmu lambat.

1. Stres

Perlu diketahui bahwa stres berdampak negatif ke seluruh tubuh, termasuk rambut indahmu. Menurut laman All Women’s Talk, stres fisik maupun mental bisa menghambat siklus pertumbuhan rambut, bahkan menyebabkan kerontokan. Saat tubuh mengalami stres, rambutmu memasuki fase istirahat dan tidak tumbuh selama beberapa waktu.

2. Genetik

Bukan hanya jenis dan warna rambut, genetik juga berperan mengatur volume hingga kekuatan rambut. Kalau kamu kebetulan punya genetik rambut yang lama tumbuh, kamu perlu perawatan ekstra untuk mendorong pertumbuhannya. Faktor ini ga bisa diganggu gugat, namun ada banyak variasi perawatan yang bisa kamu lakukan.

3. Umur

Bukan hanya bikin rambut jadi beruban, usia lanjut juga membuat siklus pertumbuhan rambutmu melambat. Ini sesuatu yang terjadi secara alami, tapi kamu gak perlu khawatir. Masih banyak perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rambut.

4. Salah perawatan rambut

Memakai sampo yang terlalu kering, terlalu sering atau jarang keramas, hingga terlalu sering menggunakan alat styling rambut, bisa berpengaruh ke proses pertumbuhan rambut. Segera ubah kebiasaan ini dan sesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan rambutmu.

5. Sering styling

Sangat sering mengucir rambut terlalu kuat, mengepang rambut, memodel rambut yang memberikan stres pada akar rambut dan kulit kepala, bisa menyebabkan kerontokan dan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.

Proses penataan rambut yang melibatkan bahan kimia dan alat styling bertemperatur tinggi juga bisa jadi penyebabnya. Jadi jangan lupa memberi waktu istirahat buat rambutmu. Berikan nutrisi dan perawatan yang tepat supaya tetap sehat.

6. Sering makan tak bergizi

Jam makan tidak teratur dan jarang makan yang sehat-sehat bisa berpengaruh ke pertumbuhan rambut. Rambutmu butuh nutrisi-nutrisi penting supaya bisa tumbuh normal dan sehat. Dilansir dari Healthline, rambut butuh nutrisi seperti zat besi, protein, zink, biotin, vitamin A, C, D, E, dan lainnya. Semua nutrisi itu mudah ditemukan pada makanan sehari-hari.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by petktcom

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Cara Ampuh Tidak Mengantuk Saat Kerja

5 Cara Ampuh Tidak Mengantuk Saat Kerja

5 Penyebab Penting Kulit Wajah Bermasalah Meski Lebih Sering Di Rumah

5 Penyebab Penting Kulit Wajah Bermasalah Meski Lebih Sering Di Rumah