in

Inilah Sejarah Bagaimana Celana Jeans Tercipta

Kita sering melihat celana jeans di kehidupan sehari-hari. Bahkan sangat mungkin masing-masing dari kita punya satu di lemari. Namun, darimana asalnya celana yang sangat kuat ini muncul? Dan bagaimana jeans bisa jadi sangat populer? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pada tahun 1850an di California, emas baru saja ditemukan di sana dan orang beramai-ramai mencari peruntungan untuk menambangnya.

Jacob Davis Levi Strauss Celana Jeans

Seorang penjahit bernama Jacob Davis menyadari bahwa pelanggan-pelanggannya yang merupakan penambang emas memakai celana yang rusaknya lebih cepat daripada saat celana itu ditambal.

Untuk menangani itu, Davis merancang celana dengan rivet-rivet (sejenis paku yang digunakan untuk merekatkan kain) logam. Rivet-rivet itu diletakkan pada bagian-bagian celana yang rawan sobek.

Celana ini kemudian diminati banyak orang. Untuk mematenkan celana rancangannya, Davis membutuhkan partner bisnis. Dia mendatangi pemasok kainnya, seorang pedagang tekstil yang bernama Levi Strauss.

Strauss dan Davis mulai memproduksi celana dari bahan denim dan terus memperbarui desain mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Ada rumor yang mengatakan bahwa rivet di bagian selangkangan dihilangkan karena ada komplain dari para penambang yang agak unik. Mereka komplain bahwa ketika berjongkok terlalu dekat dengan api unggun, yang seperti biasa, tanpa menggunakan celana dalam, akan menyakitkan.

Jeans terus saja dimodifikasi dan muncul jenis-jenis baru sepanjang waktu. Akhirnya jeans menjadi barang fashion sehari-hari, mulai dari sekitar tahun 1960an. Jeans biasa digunakan baik untuk bekerja maupun penggunaan kasual. Hari ini, 96% konsumen di Amerika paling tidak punya satu celana jeans.

Begitulah ceritanya bagaimana celana jeans bisa sampai ke kehidupan kita sehari-hari. Apakah kamu suka memakai jeans? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya. Dan jangat lewatkan informasi-informasi unik lainnya hanya di Fodka.id.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Andre Kurniawan

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Kerja Pasar Saham

Bagaimana Cara Pasar Saham Bekerja?

Sejarah Lem Super

Ternyata Beginilah Sejarah Terciptanya Lem Super