in

Apakah Illuminati Benar-Benar Ada?

Kita pastinya sering mendengar tentang Illuminati. Istilah ini sering kali disebut-sebut ketika ada fenomena di masyarakat dunia maupun Indonesia yang sulit dipahami sebab-akibatnya oleh orang awam. Setiap ada masalah pelik, orang-orang ini kerap kali menyebarkan teori konspirasi tentang beberapa kelompok yang di anggap “elit global”, diantaranya adalah Illuminati dan Freemason.

Namun, apakah sebenarnya kita tau apa itu Illuminati dan Freemason? Daripada terus membicarakan tentang teori konspirasi, ada baiknya kita mengetahui sejarah dua kelompok “elit global” tersebut di bawah ini.

Awal Mula Munculnya Illuminati

Adam Weishaupt Illuminati

Pada tahun 1776 di Bavaria, idealisme baru tentang rasionalisme, kebebasan beragama, dan hak asasi manusia berkompetisi dengan pengaruh gereja Katolik di ranah masyarakat. Salah satu negara baru di Atlantik, yakni Amerika Serikat, mengklaim kemerdekaannya dengan dasar ideologi ini.

Namun di Bavaria, usaha dari seorang professor, Adam Weishaupt, untuk mengajarkan filsafat sekuler terus saja menemui masalah. Weishaupt akhirnya memutuskan untuk menyebarkan gagasannya melalui sebuah kelompok rahasia yang akan mencerahkan masyarakat dari ideologi yang ditanamkan gereja pada saat itu. Dia menamai kelompok rahasia ini sebagai Illuminati.

Terinpirasi dari Freemason, Weishaupt mengusung konsep dari kelompok yang sudah dikenal sejak ini untuk di terapkan pada Illuminati. Freemason sendiri pada awalnya adalah serikat pekerja batu di abad pertengahan. Namun seiring perkembangannya mereka tidak hanya mewariskan bangunan yang mereka bangun dari batu, tapi juga menyebarkan paham yang berdasar pada ilmu pengetahuan dan penalaran. Sepanjang waku, mereka berkembang menjadi kelompok semi rahasia yang beranggotakan banyak orang-orang kaya yang berpengaruh, dengan ritual kaderisasi yang rumit dan rahasia pula.

Keterlibatan Illuminati dengan Freemason

Freemason Illuminati

Weishaupt membangun kelompoknya sendiri dan juga menjadi anggota Freemason. Dia juga merekrut beberapa anggota Freemason untuk bergabung dengan Illuminati. Di kalangan Freemason, Weishaupt menggunakan nama samaran Spartacus, terinspirasi dari tokoh pemimpin perlawanan budak Romawi. Anggota-anggota awal Illuminati menjadi dewan tertinggi yang disebut dengan Areopagus.

Salah satu anggota Aeropagus, Baron Adolph Knigge, juga seorang Freemason dan menjadi perekrut yang berpengaruh. Dengan kinerjanya, Illuminati dapat berkembang sangat pesat, mempunyai banyak anggota, menjadi berpengaruh di beberapa cabang Freemason, dan mengadopsi ritual-ritual Freemason.

Konflik dengan Pemerintah dan Gereja

Bavaria Monarchy

Pada tahun 1784, Illuminati sudah mempunyai lebih dari 600 anggota, termasuk didalamnya para akademisi dan politisi yang berpengaruh. Seiring perkembangan Illuminati, Revolusi Amerika juga mendapatkan momentum. Thomas Jefferson menyatakan bahwa Weishaupt adalah inspirasinya. Para petinggi kerajaan-kerajaan dan pendeta di Eropa juga mulai takut dengan adanya revolusi yang serupa di daerah kekuasaan mereka.

Keberadaan Illuminati sudah menjadi rahasia umum. Baik anggota Illuminati maupun Freemason mulai memisahkan diri mereka secara eksklusif dari para orang kaya lainnya. Mereka secara konstan beradu argumen dengan tokoh agama dan politisi.

Banyak aparat pemerintahan dan gereja percaya bahwa dua kelompok ini bermaksud untuk menyerang keimanan masyarakat terhadap agama. Namun Illuminati dan Freemason tidak benar-benar melawan agama. Mereka hanya percaya bahwa urusan agama harus dipisahkan dari urusan pemerintahan.

Pembubaran Illuminati

Duke Karl Theodor Of Bavaria

Pemerintah Bavaria yang curiga tetap memantau para anggota Illuminati. Ketika Illuminati mulai menempati posisi penting di pemerintahan dan universitas pada tahun 1784, pemerintah Bavaria mengeluarkan peraturan untuk membubarkan semua perkumpulan-perkumpulan rahasia, termasuk Illuminati.

Walaupun pembubaran kelompok rahasia kelihatan susah untuk dipaksakan, pada kasus ini pemerintah berhasil. Hanya 9 tahun sejak didirikan, Illuminati menghilang. Berkas-berkas mereka disita, dan Weishaupt diasingkan dari Bavaria.

Walaupun Sudah Tidak Ada, Nama Illuminati Masih Tetap Hidup Sampai Sekarang

Illuminati

Anehnya, Illuminati malah menjadi jauh lebih terkenal ketika mereka sudah lama tidak ada, daripada saat 9 tahun masa mereka berdiri. Satu dekade setelah pembubaran Illuminati, saat Revolusi Perancis baru saja selesai, otoritas konservatif mengklaim bahwa Illuminati belum punah setelah mereka dibubarkan dan merencanakan makar.

Di Amerika Serikat, pengkhotbah Jedidiah Morse menyebarkan rumor serupa tentang konspirasi Illuminati melawan pemerintah. Namun, gagasan tentang sebuah kelompok rahasia merencanakan pergolakan politik masih hidup dan terus dipercaya hingga hari ini. Tidak ada bukti bahwa Illuminati masih ada, didirikan kembali, atau terus hidup secara rahasia. Masa keemasan mereka tercatat pada sejarah pemerintahan Bavaria, catatan sejarah Freemason yang masih aktif, dan perpaduan dari kedua sumber tersebut.

Dengan semangat rasionalisme yang diusung Illuminati, kita bisa menyimpulkan bahwa mereka sudah tidak ada lagi. Namun, ide yang menginspirasi Weishaupt untuk mendirikan Illuminati masih terus hidup dan menjadi dasar dalam pemerintahan barat hari ini. Gagasan ini tidak dimulai atau berakhir dengan adanya Illuminati, melainkan terus dibawa oleh komunitas yang mendorong perubahan yang sudah ada sebelum adanya Illuminati dan terus ada setelah pembubarannya.

Begitulah sejarah Illuminati yang sebenarnya. Jadi, Illuminati yang disebut-sebut sebagai kelompok rahasia elit global itu tidak ada ya, teman-teman. Bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian masih percaya teori-teori konspirasi jaman baheula seperti itu? Berikan komentar kalian di bawah, ya! Dan nantikan fakta-fakta sejarah unik lainnya hanya di Fodka.id.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Andre Kurniawan

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

Sejarah Tes Iq

Ternyata Beginilah Sejarah Kelam Tes IQ

Ilmuwan China Bing Liu Yang Ditemukan Tewas Mengenaskan Ternyata Ditembak Mati Pasangannya

Ilmuwan China Bing Liu Ternyata Tewas Ditembak Pasangannya