in

Ternyata Beginilah Sejarah Terciptanya Lem Super

Kita sudah sering menggunakan lem super dalam kehidupan sehari-hari. Semenjengkelkan apapun benda yang satu ini, tetap saja sangat berguna di kehidupan kita, misalnya saat ada benda dirumah yang pecah atau patah.

Namun apakah kalian tahu tentang sejarah terciptanya benda lengket ini sehingga bisa dapatkan dengan sangat mudah di toko-toko di sekitar rumah? Simak penjelasan sejarah lem super di artikel Fodka.id kali ini.

Lem Super

Pada tahun 1940an, di masa Perang Dunia II, di Rochester, New York, seorang ahli kimia bernama Harry Coover menjalankan sebuah penelitian untuk Eastman Kodak. Dia dan timnya sedang mencoba membuat plastik bening untuk digunakan pada bidikan senjata api milik tentara.

Mereka mulai bekerja dengan menggunakan bahan kimia yang disebut cyanoacrylate. Namun, dengan kecewa mereka menyadari bahwa bahan kimia ini melekat pada apapun secara permanen. Cyanoacrylate pun tidak jadi digunakan untuk penelitian ini.

Setelah perang, Coover bekerja di lab kimia Kodak di Tennessee. Kali ini, dia dan timnya meneliti tentang polimer tahan panas untuk kanopi pesawat jet.

Mereka mencoba menggunakan cyanoacrylate. Dan lagi, dengan frustrasi mereka melihat bahan kimia ini menempel pada apapun secara permanen. Lagi, cyanoacrylate pun ditinggalkan.

Di lain waktu, Coover menyadari bahwa sifat cyanoacrylate yang sangat mengganggu ini adalah hal yang membuatnya sangat berharga. Dia mematenkannya dan mulai menjualnya sebagai lem super.

Beberapa tahun kemudian, saat Perang Vietnam, tim medis di lapangan menyadari bahwa menggunakan lem super pada luka terbuka dapat menghentikan pendarahan secara instan, menyelamatkan banyak jiwa.

Hari ini, lem medis masih tetap digunakan untuk pembedahan. Namun, lem super juga menjadi barang rumah tangga yang tak tergantikan.

Nah, begitulah sejarah lem super yang sangat berguna ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk terus baca Fodka.id untuk mendapatkan pengetahuan-pengetahuan unik lainnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Written by Andre Kurniawan

Comments

Loading…

0

Comments

0 comments

Sejarah Celana Jeans

Inilah Sejarah Bagaimana Celana Jeans Tercipta

Sejarah Sarung Tangan Karet

Bagaimanakah Sarung Tangan Karet Bisa Tercipta?